APA YANG BARU DI KEBIJAKAN LPDP TAHUN 2018???



Dalam rangka memberikan program yang terbaik dan tepat sasaran kepada masyarakat, pada tahun 2018 LPDP mengeluarkan beberapa perubahan kebijakan. Rincian perubahan kebijakan tersebut adalah sebagai berikut:

Daftar Perguruan Tinggi
Terdapat perubahan daftar perguruan tinggi tujuan tahun 2018 dengan rincian sebagai berikut:

Perguruan Tinggi Luar Negeri

Program Reguler
Perguruan tinggi tujuan untuk luar negeri diambil dari daftar perguruan tinggi  luar negeri berperingkat Top 20 dari daftar 3 pemeringkat internasional yaitu Quacquarelli Symonds (QS), Times Higher Education (THE), dan  Academic Ranking of World University (ARWU) ditambah dengan Top 10 Program Studi berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS).

Program Afirmasi
Perguruan tinggi tujuan untuk beasiswa afirmasi LPDP berasal dari Top 200 Universitas dari daftar 3 pemeringkat internasional yaitu Quacquarelli Symonds (QS), Times Higher Education (THE), dan  Academic Ranking of World University (ARWU) ditambah dengan Top 50 Program Studi berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS).
Daftar perguruan tinggi luar negeri tujuan beasiswa LPDP 2018 dapat diunduh di sini.

Perguruan Tinggi Dalam Negeri
Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri untuk jenjang Magister pada program BPI Reguler adalah perguruan tinggi yang terakreditasi A pada program studi yang terakreditasi A. Khusus perguruan tinggi dibawah pengelolaan Kemenristekdikti, perguruan tinggi masuk dalam peringkat 20 besar perguruan tinggi yang diterbitkan oleh Kemenristekdikti.
Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri untuk jenjang Magister pada program BPI Afirmasi adalah perguruan tinggi yang terakreditasi A pada program studi yang terakreditasi A dan B, serta perguruan tinggi yang terakreditasi B pada program studi yang terakreditasi A. Khusus perguruan tinggi dibawah pengelolaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), perguruan tinggi masuk dalam klaster 1 (Mandiri) dan klaster 2 (Utama).
Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri untuk jenjang Doktoral pada program BPI Reguler dan Afirmasi adalah perguruan tinggi yang terakreditasi A pada program studi yang terakreditasi A.
Daftar perguruan tinggi dalam negeri tujuan beasiswa LPDP 2018 dapat diunduh di sini.

Program Co-Funding
Mulai tahun 2018 LPDP membuka kesempatan bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembiayaan beasiswa melalui mekanisme co-funding. Jika memilih mekanisme ini, penerima beasiswa akan bersama-sama membiayai pendidikannya dengan LPDP (sharing cost) berupa uang kuliah, biaya hidup, atau biaya lainnya. Dengan mengikuti program ini, penerima beasiswa dapat memberikan kesempatan lebih banyak beasiswa bagi putera-puteri terbaik bangsa yang lain.

Seleksi Berbasis Komputer
Seleksi Berbasis Komputer (SBK) merupakan seleksi yang bertujuan untuk menilai potensi akademik pendaftar beasiswa dalam menyelesaikan studi dengan kelulusan berdasarkan passing grade yang ditentukan. Peserta yang mendapat nilai di atas passing grade diberikan kesempatan mengikuti pemetaan kompetensi dan penulisan esai sebagai bahan penilaian pada seleksi substansi. Seleksi SBK ini menggantikan seleksi Online Assessment yang dilaksanakan di tahun sebelumnya.
LPDP bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam penyelenggaraan SBK. Metode SBK ini telah diaplikasikan untuk berbagai seleksi sejenis di Indonesia

Daerah Afirmasi
Daerah afirmasi LPDP tahun 2018 dikhususkan untuk daerah tertinggal serta daerah yang ada di Papua dan Papua Barat. Pemilihan daerah afirmasi ini bertujuan untuk mendorong pembangunan di daerah-daerah yang paling membutuhkan di Indonesia. Daftar lengkap daerah afirmasi LPDP tahun 2018 dapat diunduh di sini.

Jenis Beasiswa Baru
Pada tahun 2018 terdapat beberapa jenis beasiswa baru yang dikeluarkan, yaitu Beasiswa Afirmasi PNS, TNI, dan POLRI, dan Beasiswa Afirmasi Santri (info lebih lanjut mengenai Beasiswa Afirmasi Santri menyusul). Peserta Beasiswa Afirmasi PNS/TNI/POLRI harus diusulkan oleh instansi masing-masing.

Tidak Diizinkan Pindah Perguruan Tinggi dan Program Studi tujuan
Pada tahun 2018 para pendaftar yang lulus seleksi substansi beasiswa LPDP tidak diizinkan pindah Perguruan Tinggi dan Program Studi Tujuan. Para penerima beasiswa LPDP diwajibkan untuk melaksanakan studi di perguruan tinggi dan program studi yang telah dipilih pada saat seleksi beasiswa LPDP.

Penjelasan program beasiswa yang dibuka tahun 2018 sebagai berikut:
Beasiswa Reguler adalah beasiswa yang dapat diikuti oleh seluruh kalangan Warga Negara Indonesia, baik freshgraduate, pegawai swasta, BUMN, PNS, dosen, guru, dan lain sebagainya yang memenuhi syarat dan ketentuan. Para pendaftar beasiswa reguler dapat mendaftar langsung ke website LPDP dengan menyertakan surat izin/rekomendasi atasan/tokoh beserta berkas-berkas lain yang disyaratkan.

Beasiswa Afirmasi PNS, TNI, dan POLRI adalah beasiswa yang khusus ditujukan untuk PNS, TNI, dan POLRI dengan menyertakan surat pengantar dari institusi masing-masing. Beasiswa afirmasi ini diselenggarakan sejalan dengan roadmap SDM di institusi masing-masing. Alur pendaftaran beasiswa ini sebagai berikut:
Beasiswa Afirmasi:
1.      Beasiswa Daerah Tertinggal
2.      Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi
3.      Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera
4.      Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan
5.      Beasiswa Penyandang Disabilitas
6.      Beasiswa Santri (informasi lebih lanjut menyusul)
7.      Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan / Talent Scouting
Beasiswa Disertasi (cukup jelas).
Beasiswa Dokter Spesialis (cukup jelas).
Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) (cukup jelas)


Sumber:
https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/yang-baru-di-kebijakan-lpdp-tahun-2018/

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
chintia lim
AUTHOR
July 24, 2019 at 4:01 PM delete

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Reply
avatar
November 6, 2019 at 7:18 AM delete

Bagus..ijin copy ya.makasih

Reply
avatar
November 6, 2019 at 7:20 AM delete

Bagus..ijin copy ya.makasih

Reply
avatar