Leaderless Group Discussion (LGD)


Wah terima kasih sudah bersedia membaca tulisan saya. Akhirnya kini kita sampai pada tahap LGD, tahap yang semakin menantang dan bikin jantung berdebar kencang. Wkwk malah jadi alay gini.. Nah sebenarnya apa itu LGD? Singkat kata LGD adalah tes di mana nanti kita akan diberi waktu untuk berdiskusi dengan peserta lain. Waktunya 30 menit dengan peserta LGD 8 orang. Ingat namanya adalah Leaderless Group Discussion, jadi nanti tidak ada pemimpin dalam diskusi tersebut.

Kalau tidak ada pemimpin terus gimana diskusinya? Ya terserah, ada yang saling diam, akhirnya dalam LGD sunyi yang mendominasi hanya orang itu-itu saja. Ada juga yang terjadi pro kontra, akhirnya LGD jadi riuh, tak ada yang mau ngalah, waktu habis dipakai hanya untuk berdebat. Kalau pengalaman saya saat LGD, diskusi berjalan dengan tertib dan semua mendapatkan kesempatan untuk berbicara, padahal waktu itu tidak ada yang memimpin dan tidak ada yang mengajukan diri sebagai moderator. Loh kok bisa? Jadi begini ceritanya, sebelum masuk ruang LGD kita masih ada waktu sekitar 1 – 3 menit untuk menunggu. Nah pada kesempatan itu kita berdiskusi nanti enaknya gimana saat LGD. Beruntung sekali ada yang usul kalau nanti sebaiknya kita bergantian, saling tau porsi, tau diri, dan tidak menang sendiri. Alhasil diskusi lancar, semua mendapat kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya. Saya sendiri hanya berbicara satu kali, ada 3 orang yang berbicara 2 kali, ya karena waktu masih ada, jadi mereka mengisi kekosongan tersebut.

Saran yang dapat saya bagikan adalah; (1) Tunjukkan sikap antusias saat rekan kalian mengutarakan pendapatnya; (2) Persiapkan kertas untuk mencatat apa yang diutarakan rekan kalian; (3) Berbicaralah hanya saat diperlukan. Itu adalah poin penting yang harus kalian perhatikan saat LGD. Poin pertama akan menunjukkan bagaimana kalian dalam menyikapi dan menghargai pendapat orang lain. Poin kedua akan membantu kalian agar tidak tertinggal dengan topik yang dibahas. Dan poin ketiga akan menunjukkan seberapa bijak diri kalian, seperti yang dikatakan oleh Plato “Wise men speak because they have something to say; fools because they have to say something”. Sudah cukup jelas kan? Kalau masih belum silahkan kontak saya, nanti akan diperjelas. Wkwk.



Terima kasih sudah membaca
Untuk informasi lebih lanjut bisa kontak saya melalui:
IG        : @i.rons




Ilustrasi suasana LGD
(Sumber: http://1.bp.blogspot.com/-7vu_nC3qdpg/VXElF0VNifI/AAAAAAAAENg/KmdnEM4ngxk/s1600/tips-lolos-beasiswa-lpdp-lgd-leadership-group-discussion.jpg)

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
chintia lim
AUTHOR
July 24, 2019 at 3:59 PM delete

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Reply
avatar
vinson matti
AUTHOR
July 13, 2020 at 8:06 AM delete

I like this post,And I guess that they having fun to read this post,they shall take a good site to make a information,thanks for sharing it to me.
lgd 3033

Reply
avatar