BERBAGI PENGALAMAN LOLOS SELEKSI SBK (SELEKSI BERBASIS KOMPUTER) BEASISWA LPDP 2018

Berhubung saya tidak mengalami secara langsung mengenai SBK (Seleksi Berbasis Komputer). Karena pada tahun saya masih belum ada aturan ini. hehe. Nah maka dari itu saya repost dari tulisan teman saya yang mengalami langsung dan lolos dalam seleksi tersebut. Namanya kak Rahmia. Terima kasih sudah mengizinkan untuk memuat tulisannya dalam blog ini. OK langsung saja. Simak dan baca baik2 tulisannya. siapa tau kalian nemu kode Voucher jodoh. kan lumayan yang jomblo punya pasangan, yang punya pasangan jadi punya selingkuhan, dan yang sudah punya suami/ istri jadi punya simpanan. wkwkwk. malah ngelantur. maaf ya, itu memang disengaja. wkwk.


>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> 
Hallo anyone, kali ini kita mau berbagi pengalaman lolos seleksi SBK Beasiswa LPDP. Jadi semenjak tahun 2018 ada yang baru dari seleksi beasiswa LPDP nih. Yaps SBK atau Seleksi Berbasis Komputer merupakan salah satu tahapan seleksi yang diselenggarakan oleh LPDP untuk menyaring calon awardee. Naah karena kebijakan tahap seleksi ini baru muncul pas tahun 2018, jadi kita mau bahas nih gimana proses dan tahapan-tahapannya biar up to date hehe. So, check this out ...
SBK ini diselenggarakan atas kerjasama LPDP dan BKN (Badan Kepegaaian Negara). Jadi tesnya pakai sistem CAT (Computer Assesment Test). Buat yang pernah ikut seleksi CPNS pasti udah ngga asing dengan aplikasi CAT BKN ini. Tapi tenang aja, sebelum pengerjaan dimulai bakal ada briefing dan panduan cara penggunaan CAT, so, dijamin ga bakal bingung (kecuali temen-temen tidur pas briefing, atau telat dan ga sempet ikut briefing, haha). Over all, model tes SBK ini mirip mirip sama tipe soal seleksi CPNS, cuman lebih sederhana dan sesuai kompetensi yang dibutuhin LPDP.

Seleksi SBK ini terdiri dari 3 bagian yang berlangsung tanpa jeda alias langsung, yaitu :
1. Tes Potensi Akademik (90 menit)
2. Soft Competency (30 menit)
3. On the Spot Writing (30 menit)
Oke kita langsung bahas detail tesnya kayak gimana yaa ...
Yang pertama Tes Potensi Akademik. Sesuai namanya tes ini dipergunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan akademik calon awardee. Soal TPA terdiri dari kurang lebih 60 pertanyaan yang terdiri dari model soal sinonim antonim kata, menyimpulkan paragraf,aritmatik, pola bilangan, peluang, dll. Hasil tes juga akan langsung keluar setelah teman-teman menyelesaikan tahapan TPA.
Untuk bagian TPA ini biasanya msh agak tenang, karna msh awal, deg-degannya juga udah mendingan. Perhatikan sisa waktu dab jumlah soal yg blm dikerjakan yaa, jangan sampai ada yg terlewat.

Tips dalam mengejakan TPA antara lain. Kerjakan soal yang temen-temen anggep paling mudah dan cepet ngerjakannya, misal sinonim antonim. Karna waktunya pendek, jadi manfaatin dengan baik. Di bagian pojok kanan atas ada kotak daftar nomor soal yang belum dikerjakan dan sudah dikerjakan, so temen-temen bisa ngerjakan ulang soal yang msh ragu atau bingung. Jawab semua pertanyaan di soal. Yaps, usahain semua soal terjawab, kalau mentok ga bisa jawab, cap-cip-cup aja hahaa. Soalnya ga ada pengurangan nilai kalau misal jawaban kita salah, kan lumayan kalau ternyata pilihan kita bener bisa nambah nilai.
Tips untuk persiapan TPA antara lain: Latihan soal standar BAPENNAS atau mencoba simulasi CAT yang ada di web BKN dengan link berikut cat.bkn.go.id/simulasi/  Untuk soal standar BAPENNAS sebenernya bisa dengan mudah temen-temen dapetin, bisa membeli buku di toko buku maupun download latihan soal secara gratis hehe.

Yang kedua soft competensy. Ini semacam soal psikologi gitu. Ada sekitar 40 pertanyaan yang harus dijawab. Di bagian ini udah agak puyeng nih abis mikir soal TPA, apalagi dihadapkan pertanyaan yang panjang-panjang yang bikin agak ngantuk apalagi jam siang wkwk. Jadi kita kayak dihadapkan suatu kondisi atau masalah, trus disuruh milih tindakan apa yang bakal kita lakuin.
Tips dalam mengerjakan tes soft competensy adalah be yourself, hehe. Jujur aja, gausah jaim, karena ini tes psikologi, justru bakal ketahuan kalau temen-temen bohong. Di tes ini tidak ada jawaban salah maupun jawaban benar, karena yang dilihat adalah pola jawaban yang kemudian dianalisis oleh psikolog. Beberapa pertanyaan ada yang diulang dengan opsi yang berbeda, jadi kalau temen-temen bo’ong pasti psikolog bakal tau. Tips kedua adalah jawab sesuai kebiasaan yang temn-temen lakukan, bukan kondisi ideal menurut temen-temen. Jadi misalnya nih ada pertanyaan “jika ada temen kantor yang mengajak bolos kerja karena sudah terlampau lelah dengan tugas yang banyak, apa yang akan saudara lakukan? opsinya: menolak dan melaporkan pada atasan, menolak dengan halus tanpa menyinggung perasaan, menerima ajakan namun terlebih dahulu menyelesaikan tugas yg ada, menerima dengan senang hati, menerima dan mengajak rekan lain untuk ikut bolos” nah misal ada pertanyaan seperti itu jawab aja sesuai kondisi temen-temen biasanya gimana, misal ngga ada opsi yg cocok dengan temen-temen, pilih yg mendekati.
untuk tes soft competensy ini sebenernya ngga ada yang bisa disiapkan, soalnya yang dinilai kepribadian kita hehe. Jadi emang harus dilatih berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk bisa terbentuk kepribadian. Cuman masih ada tips yang bisa temen-temen lakukan, yaitu memahami nilai-nilai serta visi misi LPDP seperti sinergi, profesionalisme, integritas, dan kesempurnaan. Trus pas mengerjakan soft competensy, jawab sesuai nilai-nilai LPDP tersebut. Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah “LPDP mencari orang yang bisa memimpin dan mau dipimpin”.

Yang terakhir on the spot writing. Seperti namanya, calon awardee dituntut buat nulis esai pendek berdasarkan tema dan topik tertentu dalam waktu 30 menit dimana temanya ditentuin mendadak dan acak. Ini bagian yg paling bikin deg degan karena waktu tinggal sedikit dan konsentrasi mulai pecah karna suara keyboard dan mouse yg balapan, belum lagi kalau dapet tema yg kita ngga seberapa paham, duuh auto bingung deh. So, usahain temen-temen update berita terkini biar ngga kehabisan topik dan bingung mau nulis apa hehehe (kalau ngga salah minimal 200 kata). Tapi tenang aja, nanti dikasih bacaan/wawasan tentang topik sebanyak satu paragraf ko, trus ada kayak pertanyaan tentang solusi gitu. Yaa lumayan laah bisa buat improvisasi dikit-dikit.

Tips dalam membuat esai yang pertama adalah tetap tenang dan jangan panik. Biasanya di sesi ini konsentrasi mulai kacau, soalnya udah capek dan laper juga. Belum lagi ditambah suara keyboard yang memecah keheningan ruangan, bikin makin deg-degan. So, ambil nafas dulu dan baca baik baik topik yang didapat. Tips menulis berikutnya adalah menulis secara singkat, jelas, tidak bertele-tele dan tepat sasaran. Temen-temen bisa membagi tulisan menjadi 3 bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Temen-temen dapat memilih menggunakan alur deduktif atau induktif (hal umum kemudian diperinci, atau paparan isi kemudian kesimpulan). tips selanjutnya adalah bahas berdasarkan disiplin ilmu yang dimiliki. Next, dalam memberi solusi permasalahan libatkan semua pihak baik pemerintah, masyarakat, akademisi, maupun swasta.

Tips dalam mempersiapkan esai on the spot writing antara lain: update isu terkini, biasakan menulis esai, banyak baca koran atau artikel ilmiah. Selain menambah wawasan, dengan membaca artikel ilmiah maupun koran, teman-teman akan terbiasa dengan cara penulisan maupun alur dalam menulis artikel sehingga memudahkan dalam menulis esai on the spot writing nantinya.
Oiya, tes ini biasanya terbagi menjadi beberapa sesi dalam sehari, bisa 2-3 sesi. Tapi temen” ga perlu dateng di semua sesi, cukup di sesinya temen-temen aja. Misal kebagian sesi 2 ya dateng pas sesi 2 aja gapapa, abis tes bisa langsung pulang juga atau lihat perkembangan hasil rangking TPA yang dipasang di LCD super gede di depan gedung. Tapi biar ga kaget dengan suasana dan ga canggung bisa dtg lebih awal buat ngobrol-ngobrol sama peserta lain. Beruntung kalau bisa sharing sama yang udah tes, barangkali dapet tema on the spot writing yang sama kan lumayan hihihi..

Then ada beberapa tips-tips yang bisa temen-temen lakuin nih.
1. Datang lebih awal. Biasanya di undangan ada keterangan wajib hadir 30 menit sebelum tes dimulai. Ini penting banget, karena 30 menit sebelum tes kita bakal dapet briefing penggunaan CAT. Kalau bisa sih satu jam sebelum tes temen-temen udah stay di lokasi, jadi bisa lihat-lihat lokasi tesnya, bisa nenangin diri juga (biasanya deg-degan dan nerveus, hihi)
2. Fokus dan konsentrasi. Jangan memikirkan hal-hal yang tidak perlu. Fokus aja, yakin dan optimis bisa
3. Silahkan bawa snack atau minuman. Bagi yang suka makan ata ga bisa telat makan bisa bawa makanan dan minuman sembari nunggu waktu tes. Karena selama mengerjakan tes dilarang makan maupun minum, jadi pastikan tidak kelaparan supaya fokus dalam mengerjakan
4. Jangan membawa barang berharga yang berlebihan, misal laptop, perhiasan, tab. Karena semua barang tidak boleh dibawa ke ruang ujian, jadi bawalah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan.
5. Terakhir dan paling penting adalah berdo’a dan minta restu orang tua, suami/istri, dan keluarga.

Terus ada al-hal yang perlu temen-temen perhatikan. Sebenernya hal ini sudah tercantum di tata tertib, tapi kadang masih ada aja yg melanggar (mungkin karna ngga baca, hehe) :
1. Dilarang makan dan minum selama mengerjakan soal. Pastiin temen-temen ngga kelaperan karena selama 2,5 jam ga bisa makan dan minum
2. Dilarang izin ke kamar mandi. Jadi usahain sebelum mulai tes, “urusan alam” udah selesai biar bisa fokus ngerjakan tes. Nantik sebelum dan sesudah briefing penggunaan CAT dikasih kesempatan buat ke toilet ko, jadi manfaatin dengan baik.
3. Dilarang membawa benda apapun, termasuk hp dan dompet. Bahkan bawa tisu aja ga boleh loh šŸ˜¢
4. Dilarang bawa alat tulis. Nanti disediain kertas sama pencil buat coret-coret. Tapi kertasnya ga boleh dibawa keluar ruangan
5. Dilarang memakai aksesoris apapun, termasuk jam tangan dan ikat pinggang,serta bros/hiasan jilbab. So usahain pakai baju yg simple dan pas biar ndak perlu pakai aksesoris tambahan
6. Siapin id card dan kartu peserta. Cuman dua benda ini yang temen-temen bisa bawa masuk ke ruang tes.
Disediakan loker penitipan tas di loby bawah. Semua barang yang temen-temen bawa wajib ditaruh di penitipan, kecuali id card dan kartu peserta.

Oke, sekian dulu tips-tips yg sangat panjang ini šŸ˜‚. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di postingan selanjutnya.
Kalau ada pertanyaan dan saran bisa ditulis di kolom komentar atau mengirim email ke sh.rahmia@gmail.com
See you
Semoga sukses!

Bagi kalian yang mau berkunjung ke blog kak Rahmia langsung saja klik disini ya kak.
:)

Atau mampir di Channel YouTube saya. Di sini ada wawancara ekslusif mengenai SBK lho!!!
HHe...




Latest
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
chintia lim
AUTHOR
July 24, 2019 at 4:01 PM delete

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Reply
avatar