Menulis Rencana Studi


Bagian ini menjadi salah satu poin penting penentu lolos seleksi administrasi. Masak iya, kita mau kuliah tapi tidak memiliki rencana studi yang matang. Jangan sampai. Hehe.. nah dalam bagian ini yang perlu kita tulis adalah mengenai; (1) Deskripsi rencana perkuliahan dan SKS per- semester yang akan ditempuh hingga selesai studi; (2) Deskripsi topik apa yang akan kita tulis dalam tesis; (3) Deskripsi aktivitas di luar perkuliahan yang akan kita lakukan selama
studi. Agar bisa lebih jelas seperti apa yang harus kalian tulis, silahkan kalian simak contoh rencana studi yang saya buat berikut ini:

“Saya merupakan salah satu lulusan sarjana pendidikan dari Universitas Negeri Malang. Berangkat dari keresahan saya dalam pendidikan, saya mengambil judul skripsi “Pengalaman dan Problematika Guru IPS Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis TIK di SMP Brawijaya Smart School Malang”. Dari penelitian yang saya lakukan, saya belajar banyak hal. Saya jadi mengerti alasan kenapa guru sering kali kurang optimal dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran, padahal memanfaatkan teknologi pembelajaran merupakan kemampuan pedagogi yang harus dimiliki oleh seorang guru, selain itu hal tersebut juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun hal tersebut tidak sesimpel itu, banyak sekali faktor yang menyebabkan guru tidak dapat secara optimal memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Oleh karena hal tersebut saya menjadi semakin termotivasi untuk terus mengembangkan diri agar dapat bersama memajukan Indonesia dengan meningkatkan Sumber Daya Manusianya melalui pendidikan. Karena tanpa pendidikan saya yakin, saya tidak akan pernah menulis essay ini.

Sebagai salah satu usaha saya untuk bersama memajukan Indonesia, saya bermaksud untuk melanjutkan studi tingkat lanjut di program magister. Berikut rinciannya:
Universitas
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas
Pasca Sarjana
Program Studi
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Jenis Program
Magister
Gelar
Magister Pendidikan
Lokasi
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Estimasi Lama Studi
2 tahun (4 Semester), 1.5 tahun (3 Semester)
Deskripsi Singkat
Prodi S2 PIPS terakreditasi  A berdasarkan Keputusan BAN PT No. 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/1/2013. Dosen pengajar di s2 PIPS juga berkompeten dalam bidangnya, berkualifikasi doktor dan jabatan akademik lektor kepala serta guru besar.  Kerja sama yang telah dijalin dengan instansi luar negeri antara lain seperti dengan Aichi University of  Education Jepang, Curtin University Australia, Uttrech University Belanda, Prince of Sonkla University Thailand, dan Burapha University Thailand. Selain itu juga memiliki suasana lingkungan pembelajaran yang ideal untuk mendidik karakter bangsa.
Kurikulum
Semester 01
(2 SKS) : Filsafat Sosial
(2 SKS) : Paradigma Pend.
(2 SKS) : Pedagogik Transformatif
(2 SKS) : Kajian Pend. IPS di Sekolah
(2 SKS) : Metod. Penel. Kualitatif
(2 SKS) : Evaluasi Pend. IPS
(2 SKS) : Sejarah dan Perub. Kehidupan Manusia
Semester 02
(2 SKS) : Pengembangan Kur. Pend. IPS
(2 SKS) : Kajian Masalah-masalah Sosial
(2 SKS) : Ekonomi dan Pembangunan
(2 SKS) : Rancangan Pembelajaran IPS di Sekolah
(2 SKS) : Geografi Sosial
(2 SKS) : Pendidikan Nilai dan Karakter Bangsa
(2 SKS) : Metod. Penel. Kuantitatif
Semester 03
(2 SKS) : Program Pelaksanaan Pembel.IPS
(3 SKS) : Kajian Kritis Pendidikan Geografi*
(3 SKS) : Kajian Kritis Pendidikan Sejarah*
(3 SKS) : Kajian Kritis Pendidikan PKN*
(2 SKS) : Radikalisme Sosial Politik
Semester 04
(8 SKS) : TESIS
Total: 49 SKS


Sejalan dengan topik penelitian saya di Strata satu (S1), saya berencana mengambil tesis dengan topik yang kurang lebih sama, yaitu mengenai guru dan media pembelajaran. Karena saya merasa masih da banyak hal yang masih perlu saya pahami dalam topik tersebut. Selain itu saya juga optimis, topik tersebut juga dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan Indonesia. Sebagai contoh, dalam hasil penelitian saya di tingkat S1. Saya menemukan beberapa problematika dan penyebab munculnya problematika guru dalam membuat media pembelajaran berbasis TIK. Dari hasil temuan tersebut kita bisa mencarikan solusi agar problematika tersebut dapat teratasi.

Selain itu,  saya bukan merupakan tipe orang yang suka dengan aktivitas setelah kuliah langsung pulang, atau bahasa umumnya disebut “Mahasiswa Kupu-kupu” kuliah pulang, kuliah pulang. Saya akan bergabung dengan komunitas yang relevan dengan keterampilan saya, Join dengan  program pemerintah, dan tidak menutup kemungkinan saya juga terlibat dalam aktivitas riset yang dilakukan oleh Non Goverment Organization (NGO) sebagai salah satu upaya meningkatkan potensi diri agar nantinya dapat saya pergunakan untuk pengabdian kepada bangsa Indonesia.”

Berdasarkan apa yang telah saya tulis, kalian harus mencermati beberapa hal penting. Pertama, rencana studi yang kalian buat jangan lebih dari 700 kata (Sepertinya peraturan LPDP 2018 sudah berubah, silahkan dibaca). Kedua, buatlah rencana studi kalian se otentik mungkin, artinya jangan mencontoh alur atau tata bahasa tulisan orang lain, jadilah diri kalian sendiri. Jika kalian kesulitan mencari kurikulum atau profil universitas yang kalian tuju, silahkan tanya mbah saya lagi, nanti kalian akan diarahkan untuk ke website yang bersangkutan. Hehe..



Terima kasih sudah membaca
Untuk informasi lebih lanjut bisa kontak saya melalui:
IG        : @i.rons




Ilustrasi Rencana Studi
(Sumber: http://bvoiceradio.com/wp-content/uploads/2016/10/664xauto-tips-kelola-waktu-belajar-lebih-efektif-140703i.jpg)

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
August 4, 2017 at 8:58 PM delete

Thanks mas Khoiron, sangat bermanfaat sebagai referensi saya menyusun esai.

Reply
avatar
Iron
AUTHOR
March 15, 2018 at 4:03 AM delete

Sama-sama, semoga bermanfaat. :)

Reply
avatar
Dewi
AUTHOR
May 26, 2019 at 8:46 AM delete

Mas numpang tanya, itu kurikulumnya nentu sendiri apa udah disediakan kampus ya? Aku kok bingung. Terima kasih

Reply
avatar
July 12, 2019 at 6:45 AM delete

Jazakallah khayran kak atas contohnya

Reply
avatar
chintia lim
AUTHOR
July 24, 2019 at 4:00 PM delete

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Reply
avatar
Rais Muhammad
AUTHOR
August 2, 2019 at 1:35 AM delete

Kalo rencana study sama tidak? Dengan essay

Reply
avatar