Pengayaan Bahasa Inggris (TOEFL)


Lulus dari perguruan tinggi mau tidak mau menjadikan saya sebagai “Pengacara” (pengangguran banyak acara). Hehe.. Ya artinya saya belum bekerja. Untuk mengisi waktu luang sambil menunggu wisuda tiba, saya mengikuti kegiatan di komunitas dan juga mengurusi wirausaha kecil yang sedang saya rintis. Tapi maaf jika komunitas dan wirausaha apa yang sedang saya geluti membuat kalian penasaran, karena itu bukan topik dalam tulisan ini, hal tersebut hanya pengalihan isu saja. Wkwk (nggak jelas).

Sebenarnya yang akan saya ceritakan adalah mengenai pengalaman  mengikuti pengayaan bahasa inggris (PBI), atau sebutan populernya TOEFL. Jadi di tengah kesibukan (padahal nggak sibuk) saya menyempatkan waktu untuk mengikuti PBI. Berangkat dari sebuah cerita teman (ASG dan DP) yang sudah lebih dulu merasakan “sangarnya” menjalani PBI akhirnya saya tertarik untuk mengikuti jejaknya. Teman saya waktu itu mengikuti PBI di Kampung Inggris. Iya, betul sekali. Kampung yang sudah mendunia mengenai bahasa inggrisnya. Di kampung tersebut terdapat ratusan lembaga yang menawarkan bimbingan bahasa asing, lebih jelasnya bisa kalian tanyakan pada mbah saya, “Mbah Google”, pasti nanti kalian diberikan jawaban yang lengkap dan menarik. Hehe..

Kembali pada jejak teman saya (ASG dan DP), waktu itu mereka mengambil program TOEFL Camp di salah satu lembaga populer di Kampung Inggris, sebut saja ELFAST. Namanya saja mengikuti jejak. Hehe.. jadi saya ambil lembaga yang sama juga. Untungnya saya tidak sendirian dalam menjalani PBI di ELFAST, ada teman satu kelas saya dari UM yang ikut juga, inisialnya AS. Sekarang dia juga lolos menjadi Awardee seperti saya. Hehe. Malah curhat, maafkan.

Sedikit gambaran mengenai program TOEFL Camp di ELFAST. Dalam program tersebut kalian akan mendapatkan program penuh mengenai pengayaan kemampuan TOEFL, dan paket tersebut kalian sudah termasuk tempat tinggal (KOS). Sayang sekali saya tidak bisa mendapatkan fasilitas tersebut, karena saat mendaftar paket TOEFL Camp sudah penuh, jadi akhirnya saya mengambil program TOEFL saja, untuk penginapannya mencari di tempat lain.

Masih mengenai tempat tinggal, secara umum di Kampung Inggris ada dua macam tempat tinggal. Pertama adalah kos biasa, di situ kalian hanya mendapatkan tempat tinggal. Yang kedua adalah Camp, jika kalian mengikuti Camp, kalian akan mendapatkan program tambahan. Apa saja? Seperti English Area, Hafalan Vocab, Grammar, dan lain sebagainya, tergantung kebijakan tempat Camp kalian.

Terkait dengan tempat tinggal, saya memutuskan untuk mengambil program Camp (Saya ambil di EXCELLENT). Kenapa demikian? Sudah jelas, karena lingkungan Camp memberikan lingkungan belajar yang ideal. Di lingkungan camp kalian bisa mengembangkan kemampuan selain TOEFL/ IELTS, seperti halnya soft skill. Karena ketika membahas LPDP, kita tidak hanya berbicara mengenai seberapa tinggi skor TOEFL/ IELTS kalian, melainkan mengenai soft Skill. Kenapa bisa seperti itu? Karena di Camp kalian bisa sharing dengan teman dari background yang beragam. Mulai dari perbedaan usia, pekerjaan, tujuan, budaya, daerah, bahkan berbeda negara.

Wah sepertinya dari tadi terlalu serius, saya sampek lupa menulis guyonan. Hehe.. Ok kita lanjut. Waktu menjalani PBI saya mendaftarkan diri pada periode 10. Artinya saya memulai PBI pada tanggal 10 Agustus dan selesai 10 September. Waktu yang lumayan jika kita bisa menggunakannya secara maksimal. Lantas apa skor TOEFL saya meningkat setelah menjalani PBI di Kampung Inggris? Saya jawab dengan tegas “IYA”, dan saya pikir tidak hanya kemampuan TOEFL yang meningkat, melainkan soft skill juga. Bahkan yang hebatnya lagi, presentase jumlah teman cewek saya juga meningkat. Wkwk.. Bagi yang cewek tenang, presentase jumlah teman cowok kalian pasti meningkat juga kok. Hehe

Back to the topic, setelah selesai program PBI di Kampung Inggris saya langsung mengambil REAL TEST (Mumpung ilmunya belum lupa) hehe. Maksud dari real test adalah mengikuti ujian TOEFL di lembaga yang tersertifikasi oleh ETS. Kenapa harus ETS? Karena sertifikat yang diakui oleh LPDP adalah sertifikat TOEFL yang tersertifikasi oleh ETS. Kata salah satu tentor ELFAST, tempat real test di jawa timur yang rekomended ada di Universitas Airlangga (UNAIR) dan Universitas Negeri Malang, berhubung di UM sudah penuh, akhirnya saya memilih UNAIR. Memang benar apa yang dikatakan tentor saya, pelayanan realtest di UNAIR sangat optimal, dan saat listening suaranya sangat jernih. Untuk yang mau realtest di luar jawa timur, kalian bisa tanya mbah saya lagi mengenai tempat yang rekomended. Hehe..

Sekian pengalaman saya saat mengikuti PBI. Kesimpulannya bagi kalian yang ingin melakukan pengayaan bahasa Inggris, sebaiknya memilih tempat yang bisa memberikan kalian lingkungan belajar yang nyaman dan ideal menurut kalian masing-masing. Manfaatkan waktu yang ada dengan optimal. Selain itu, pastikan kalian memilih tempat realtest yang rekomended.



Terima kasih sudah membaca
Untuk informasi lebih lanjut bisa kontak saya melalui:
IG        : @i.rons




Suasana di ELFAST Kampung Inggris
(Sumber: Dokumen Pribadi)

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
chintia lim
AUTHOR
July 24, 2019 at 4:00 PM delete

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Reply
avatar